Kamis, 11 Juni 2009

Artikel Extracurricullar Opportunities

a. Bibliografi
Crawley, Patricia. 1998. Extracurricullar Opportunities. The American Biologi Teacher. 1998:37-38

b. Tujuan Penulisan

Memberikan penjelasan pentingnya program ekstrakurikuler sebagai penunjang kemampuan belajar sains di kelas dan pembentukan keterampilan hidup (Life skill).

c. Fakta-Fakta Unik

Summer Science Academy dimulai musim panas dari 1989. Pelatihan Academy, ditawarkan selama musim panas pada setiap hari sabtu , dirancang untuk para siswa minoritas untuk meningkatkan keberanian siswa serta mengadakan pelatihan-pelatihan meningkatkan kemampuan meneliti siswa sehingga tidak menganggap sekolah hanya mendapat ijazah. Jumlah siswa yang mengikuti pelatihan berasal dari berbagai kelompok yaitu 76 persen African-American, 7 persen Hispanic, 10 persen putih, dan 1 persen kelompok-kelompok rasial lain. Dua pertiga dari para siswa yang ikut serta dalam pelatihan mengungkapkan bahwa mereka lebih cerdas dan matang setelah melakukan pelatihan tambahan disekolah. Dengan demikian mereka terbiasa dengan peraturan perusahaan dibandingkan dengan siswa yang tidak mengikuti pelatihan. Banyak siswa memandang pengalaman mereka di dalam pelatihan benar-benar implorer/masukan pendidikan mereka disekolah dan menentukan masa depan mereka. Summer Science Academy itu adalah suatu sekolah yang penuh kegiatan, selama 6 minggu di musim panas siswa belajar berbagai ilmu pengetahuan alam, matematik, dan computer. Aktivitas di desain sedemikian rupa sehingga siswa mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang sains dan runag lingkupnya.

Para siswa dalam pelatihan tersebut dididik dengan berbagai teknik-teknik laboratorium yang baru dan keterampilan-keterampilan dan dilibatkan di dalam banyak pemecahan masalah dan aktivitas berfikir kritis yang langsung berhubungan dengan lingkungan dalam masyarakat. Program ekstrakurikuler tersebut dimulai dengan 58 siswa di dalam program musim panas dan 30 siswa di dalam program Sabtu, sudah berkembang menjadi 1500 siswa di musim panas dan 800 siswa di hari Sabtu tahun ini. Pada program itu siswa dilibatkan pada sejumlah proyek- proyek lingkungan yang unik, dari pembersihan pantai sampai penanaman gandum. Para siswa dalam program itu dengan aktif dilibatkan dalam pemeliharaan dan pemuliaan di lingkungan pantai yang rusak di sebelah selatan Florida.

Topik-topik dari studi termasuk: bukit pasir pesisir dan batu karang, Everglades. dan tumbuh-tumbuhan dan fauna dari Selatan Florida. Hasil lembaga survey, mendukung kegiatan yang diisi dengan pemberian pengalaman-pengalaman selama pendidikan untuk siswa, lebih bermakna dan harus relevan dengan tujuan akademis untuk kesuksesan jangka panjang. Rangkaian model-model pembelajaran, seperti instruktur-instruktur, pemberi ceramah/ dosen tamu, dan personil ladang adalah satu bagian integral dari program. Tambahan pula, banyak lulusan academy kembali lagi keacademy sebagai asisten-asisten akademi . Karena ingin berbagi pengalaman-pengalaman sukses mereka, Pembelajaran dengan model ini kepada para siswa membantu mereka untuk menetapkan jenjang karier mereka kedepannya yang lebih pasti.

Beberapa kriteria untuk dapat diterima kedalam pelatihan akademi selama musim panas, peserta harus memenuhi kriteria:

· Adalah minoritas atau wanita telah terdaftar oleh pemerintah pusat;

· Sudah menyelesaikan kelas yang ketujuh dengan baik dengan standar nilai 275 GPA atau di atas;

· Sudah mengumpulkan nilai pada bagian standarisasi pengujian matematika yang 75th.

· Rekomendasi dari kepala departemen, seorang peneliti, atau seorang ahli matematika.

· Menyatakan sangat berminat dibidang matematika, IPA, computer, dan ilmu lingkungan.

Untuk melengkapi program Academi penelitian musim pana, bersama dengan Broward Community College, menyediakan satu Program ilmu pengetahuan pada hari Sabtu. Program Sabtu ini memperluas wawasan siswa bersama dengan pengalaman penelitian dimusim panas. Pembelajarannya dirancang untuk menarik minat untuk meneliti pada diri siswa. Siswa akan banyak mengalami aktivitas penelitian, dan proyek-proyek penelitian individual yang disediakan untuk para siswa setelah sekolah setahun ini. Seorang siswa dapat mengambil bagian di dalam program kedua-duanya, sesi-sesi musim panas dan Sabtu secara keseluruhan, dari tingkatan kelas delapan sampai lulusan perguruan tinggi yang ingin berlatih di dalam bidang biologi, ilmu kimia, peri kehidupan alam, ilmu eksakta, Ilmu pengetahuan bumi, ekologi, ilmu pengetahuan lingkungan, ilmu perbintangan, dan geologi.

Banyak para siswa memilih untuk berpartisipasi di Science Engineering Communications Mathematics Excellence (SECME) sebagai satu bagian pelatihan Sabtu mereka. SECME adalah headquartered pada Georgia Institute dari Technology di Atlanta dan dipersatukan universitas lain seperti Florida Atlantic University. SECME kerjasama dengan academi ini menyediakan pengalaman baru bagi para siswa dengan menghadirkan pembicara tamu ahli-ahli professional dari masyarakat yang akan berbagi pengalaman dan pandangan mengenai pengalaman mereka sehingga siswa memiliki padangan-pandangan atau tips mengenai peningkatan kemampuan meneliti.

Sementara itu siswa yang dapat menyelesaikan program tidak sampai akhir tahun, mereka yang mampu menyelesaikan studi dengan waktu yang singkat, mereka akan dikirim ke Universitas pilihan mereka dengan beasiswa full. Barangsiapa siswa dapat sukses mengikuti kegiatan akademi selama 4 tahun atau dengan 8 semester disekolah menengah menyelesaikan dengan baik akan seperti juga Broward Community College rangkap. Penerimaan siswa memiliki standar-standard. Para siswa ditaksir didasarkan pada kinerja mereka di presentasi-presentasi test, dan keikutsertaan.

Siswa yang mengikuti Program gratis didukung oleh negara dan dibiayai oleh pemerintah lokal. Sebutan dan dibelakangi oleh program-program partner-in-excelence, Satu perusahaan rekonstruksi lingkungan. merekrut para siswa berkwalitas, dan rencana penyusunan program dimulai oleh siswa dengan baik. Umumnya disepakati Yang dikenal bahwa ada faktor-faktor kausatif yang ganda mendorong ke arah underrepresentation kelompok khusus di dalam ilmu pengetahuan dan profesi-profesi rancang-bangun. Sementara sistim pendidikan yang ada bisa melambat jika menunjukkan perbedaan-perbedaan, Academy ini telah sukses memfasilitasi siswa ini dengan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk mereka kembangkan disekolah menengah. Dasar untuk mempersiapkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi dan untuk menyenangi karier-karier sukses di bidang ilmu pengetahuan, matematika, atau teknologi.


d. Pertanyaan Yang Dapat Dimunculkan

· Bagaimana pola penerapan ekstrakurikuler sains di Indonesia demi pembentukan life skill?

· Apakah mungkin untuk menerapkan ekstrakurikuler sains di sekolah dengan padatnya beban mata pelajaran intrakurikulernya?

· Bagaimana pola mitra kerja dengan perguruan tinggi dalam pemberdayaan kualitas ektrakurikuler di sekolah?

e. Konsep Utama

Pembentukan keterampilan sains siswa melalui eksrakurikuler program musim panas dan program sabtu selama satu tahun (Community College) yang bekerjasama dengan perguruan tinggi.

f. Refleksi Mencoba menjawab kebutuhan masyarakat melalui ekstrakurikuler.

Tidak ada komentar: