Jumat, 12 Desember 2008

Pendekatan Konstruktivisme

PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

(Pembelajaran Kooperatif)

Struktur Pembelajaran

Tahap Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Metode

1. Berpikir (Thinking)

1) Guru mengajukan suatu pertanyaan atau masalah yang dikaitkan dengan pelajaran.

2) Guru meminta siswa menggunakan waktu beberapa menit untuk berpikir sendiri mengenai jawaban pertanyaan tersebut.

3) Siswa membutuhkan penjelasan bahwa berbicara atau mengerjakan sesuatu bukan bagian berpikir.

Tanya jawab

2. Berpasangan (Pairing)

1) Guru meminta siswa untuk berpasangan dan mendiskusikan apa yang telah mereka peroleh dari berpikir.

2) Interaksi dalam diskusi tersebut diharapkan dapat menyatukan jawaban terhadap pertanyaan atau masalah yang diberikan guru.

Diskusi

3. Berbagi (Sharing)

1) Guru meminta pasangan-pasangan untuk berbagi dengan keseluruhan kelas atas kesimpulan jawaban dari hasil Pairing.

2) Untuk efektifnya Guru berkeliling dalam ruangan dari pasangan ke pasangan dan melanjutkan sampai sebagian pasangan mendapat kesempatan untuk melaporkan.

Diskusi


RENCANA PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas (SMA)

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/Semester : XII / 1

Materi Pokok : Reproduksi Sel

Standar Kompetensi : Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada salingtemas.

Alokasi Waktu : 1 x 40menit

A. Kompetensi Dasar : Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat.

B. Tujuan Pembelajaran

  1. Memahami proses pembelahan mitosis
  2. Memahani proses pembelahan meiosis
  3. Mampu menjelaskan perbedaan Pembelahan Mitosis dan Meiosis

C. Materi Ajar : Pembelahan Mitosis dan Meiosis

D. Sumber dan Sarana

1. Sumber : Buku paket SMA kelas XII dan Internet

2. Media : Visual Pembelahan Mitosis dan Meiosis

E. Kegiatan Pembelajaran

1. Model pembelajaran : Model Kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share)

2. Pendekatan Pembelajaran : Student Centered Learning

3. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, ceramah, diskusi.

4. Pelaksanaan Pembelajaran

I. Pendahuluan (7 menit)

1. Apersepsi : Mengingat kembali materi tentang Mitosis dan Meiosis. dengan metode tanya jawab.

2. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

3. Motivasi : Guru dapat memberikan penjelasan singkat mengenai fenomena alam yang terkait dengan materi, dalam bentuk pertanyaan singkat untuk membangkitkan minat dan rasa penasaran siswa.

4. Mengatur setting ruang belajar berbentuk ”U” untuk mempersiapkan siswa dalam berpartisipasi.

II. Kegiatan Inti (28 Menit)

1. Guru mengarahkan fokus diskusi dengan menyampaikan strategi diskusi kelas yang akan digunakan yaitu TPS serta menjelaskan aturan-aturan yang mendasarinya.

2. Model pembelajaran diskusi kelas dengan strategi TPS memberikan waktu yang lebih banyak bagi siswa untuk berfikir, diskusi berpasangan dan berbagi dalam diskusi kelas.

3. Langkah-langkahnya :

a. Tahap Think (berpikir): Guru akan memberikan pertanyaan atau isu terkait dengan tujuan pembelajaran dan siswa diminta untuk memikirkan secara mandiri.

b. Tahap Phare (berpasangan): Guru menginstruksikan siswa agar berpasangan dengan teman sebelahnya dan mendiskusikan isu / pertanyaan tersebut.

c. Tahap Share (berbagi): Guru menginstruksikan siswa agar berdiskusi secara klasikal, di mana dalam diskusi kelas ini guru akan menunjuk siswa yang akan menyampaiakan idenya dengan terlebih dahulu harus mengangkat tangan atau ditentukan berdasarkan kreatifitas guru.

d. Hasil diskusi yang harus dicatat dalam selembar kertas yang akan dikumpulkan pada akhir diskusi.

e. Guru memonitor interaksi siswa, megajukan pertanyaan, mendengarkan gagasan siswa, menanggapi gagasan, melaksanakan aturan-aturan dasar, membuat catatan diskusi, menyampaikan gagasan sendiri (dilakukan apabila jawaban pertanyaan dari para siswa tidak sesuai dengan apa yang diinginkan).

f. Guru menutup diskusi dengan merangkum materi yang telah didiskusikan dan mengungkapkan makna diskusi yang telah diselenggarakan dengan cara mengajukan petanyaan awal seperti “Hal penting apakah yang dapat kamu peroleh dari diskusi kita kali ini?” Kegiatan diskusi kelas mengajarkan siswa melakukan berfikir tingkat tinggi dan keterampilan-keterampilan menghargai pendapat orang lain dan keterampilan sosial yang lainnya.

g. Guru mengadakan tes yang dikerjakan per individu untuk mengecek pemahaman siswa dan sebagai masukan nilai individu.

h. Guru meminta siswa untuk mereviu (memeriksa) proses diskusi yang telah dilakukan. (Tahap 5. Melakukan tanya jawab singkat tentang proses diskusi). Dengan cara menggunakan pertanyaan seperti :

1) Bagaimana pendapatmu mengenai diskusi kali ini?

2) Apakah kamu memberikan kesempatan kepada tiap orang untuk berpartisipasi?

3) Apakah kamu mendengarkan gagasan temanmu?

4) Apakah kalian menemui jalan buntu selama diskusi?

5) Apa yang akan kalian lakukan supaya diskusi kita di lain kesempatan dapat berjalan lebih lancar?

III. Penutup (5 menit)

1. Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencari animasi tahap-tahap pembelahan Miotosis dan Meiosis di internet melalui alamat URL sebagai berikut :

· http://www.biology.arizona.edu/Cell_bio/tutorials/cell_cycle/cells3.html

· http://www.davidson.edu/academic/biology/courses/links.html#Genetics)

· http://www.biology.arizona.edu/ cell_BIO/tutorials/cells/html

· http://www.biochemweb.org

2. Penilaian

· Penilaian Kognitif : Tes, catatan hasil diskusi kelas, frekuensi keaktifan dalam bertanya, menjawab, dan mengemukakan ide atau pendapat.

· Penilaian Afektif : Pengamatan terhadap keterampilan kooperatif yang dilakukan masing-masing pasangan kelompok serta keterampilan sosial dalam diskusi kelas.

Tidak ada komentar: